Mengenal Lebih Jauh Nissan e-Note

autoGlobemagz.com – Baru saja Nissan Mobil Indonesia perkenalkan E-note ke publik Indonesia Senin lalu 13/11/2017.  Nissan e-Note sudah mulai dipasarkan sejak awal November di Jepang, namun di Indonesia masih menunggu regulasi dari Pemerintah melalui Peraturan Mentri , sayangnya e-Note hanya sebatas diperkenalkan saja, entah kapan konsumen di Indonesia dapat memiliki Hatchback compact dengan teknolgi e-Power ini.

Teknologi e-POWER meminjam dari teknologi EV yang disempurnakan dari Nissan LEAF, mobil listrik murni terlaris sepanjang sejarah, dengan penjualan diatas lebih dari 250.000 unit

Note berbeda dengan LEAF,  e-POWER ditambahkan mesin bensin kecil untuk mengisi baterai dengan output tinggi bila perlu, sehingga menghilangkan kebutuhan akan pengisi daya eksternal sambil menawarkan output tinggi yang sama.

Teknologi e-POWER

Sistem e-POWER dilengkapi motor penggerak listrik penuh, yang berarti bahwa roda benar-benar digerakkan oleh motor listrik. Daya dari baterai keluaran tinggi dikirim ke powertrain kompak milik e-POWER yang terdiri dari mesin bensin, generator listrik, inverter, dan motor.

Dalam sistem hibrida konvensional, motor listrik dengan output rendah dikawinkan dengan mesin bensin untuk menggerakkan roda saat baterai rendah (atau saat bepergian dengan kecepatan tinggi). Namun, dalam sistem e-POWER, mesin bensin tidak terhubung ke roda; itu hanya mengisi baterai. Dan tidak seperti EV penuh, sumber listrik berasal dari mesin dan bukan hanya baterai.

Struktur sistem ini umumnya membutuhkan motor dan baterai yang lebih besar karena motor adalah satu-satunya sumber langsung untuk menggerakkan roda. Hal ini telah menyulitkan industri otomotif memasang sistem di mobil kompak.

Namun, Nissan telah memecahkan kode dan belajar bagaimana meminimalkan dan mengurangi berat badan, mengembangkan metode kontrol motor yang lebih responsif dan mengoptimalkan manajemen energi. e-POWER menggunakan baterai lebih kecil dari LEAF, namun memberikan pengalaman berkendara yang sama layaknya Electric Vehicle (EV).

oleh : AG07, sumber : nissan.co.id

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *