Ciri-Ciri Ban Sudah Aus Berikut Tips Solusinya !!

autoGlobemagz.com – Inilah Tanda-tanda yang wajib diperhatikan kondisi ban yang sudah termakan usia (aus) berikut tips dan tanda-tandanya.

Pastikan Memeriksa Bagian Sisi luar dan dalam

Alat pengukur kedalaman yang menunjukkan keausan ban seperti ini : Selayaknya masih tersisa minimal 2-3mm ketebalan telapak. Tidak penting harga alatnya tapi lakukan pemeriksaan ban agar selalu dalam batas keharusan. Pastikan Anda memeriksa bagian sisi dalam dan luar dari telapak ban.



Agar tidak repot dengan keadaan ban kempes  sebenarnya Ban didisain untuk mampu mengeluarkan objek dengan sendirinya seperti paku, contohnya biarkanlah terjepit di celah, cungkillah dengan hati-hati, agar tidak merusak ban.

Ban yang aus pada sisi luar: Bila Anda merasa bahwa ke dua sisi ban sama ausnya, tambah tekanan anginnya atau periksalah kebocoran. Secara normal ban memang akan kehilangan tekanan angin, tetapi ban kempes mendorong penggunaan BBM berlebihan dan memberikan risiko kecelakaan lebih tinggi.

Pastikan Anda memeriksa tekanan angin ban secara berkala. Jika hanya ban depan yang mengalami keausan di sisinya, Anda mungkin terlalu sering menikung dan belok dengan mendadak.

Keausan yang luas pada tengan ban: Bila kondisi ini yang terjadi maka mungkin Anda terlalu tinggi memberikan tekanan angin. Kurangi untuk menghindari risiko meledak.

Bacalah ulang spesifikasi pabrikan, gunakan alat yang tepat dan turunkan level tekanan angin yang digunakaan.

Tanda aus tidak rata pada sebuah ban biasanya terjadi pada  pola di telapak Anda bisa menunjukkan adanya permasalhan pada kendaraan, Jika Anda menemui tanda gundul tidak merata, atau lokasi botak maka Anda mungkin memerlukan spooring dan balancing. Kadangkala tanda yang sama berarti ada peredam kejut yang sudah aus.

Ban seharusnya tidak aus pada satu titik yang sama karena letaknya berbeda misalkan Ban depan menerima beban blok mesin dan melakukan semua pekerjaan setir, sehingga ban pada sumbu depan akan lebih cepat aus. Bila keausannya lebih dari normal, periksalah sistem suspensi Anda. Jika aus lebih besar pada satu sisi kendaraan dibanding lainnya, mungkin ini saatnya melakukan spooring.

Perhatikan pola gigi runcing pada sisi tepi ban Jika Anda melihat ada pola bulu atau gigi-runcing muncul di sisi pinggir tapak ban, maka hal itu berarti ada kontak dengan jalan yang terseret cukup tajam. Ini tanda Anda harus melakukan spooring datanglah ke bengkel terdekat di kota anda.

oleh :AG07/ sumber : Goodyear.com

 

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *