Superfast 300KM/Jam Bahkan Bisa Lebih

autoGlobemagz.com– Dibalik desain yang kalem sporty ini Monza SP1 dan SP2 ternyata bisa menghasilkan akselerasi yang terbaiknya yakni 0-100 km/jam dalam 2,9 detik dan 0-200 dalam 7,9 detik di sertai kinerja pengereman (100-0 km/jam dalam 32 m) dari 812 Superfast dan hanya kehilangan sedikit dalam hal kecepatan maksimum (lebih dari 300 km/ jam).

Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, konsep Virtual Short Wheelbase yang pertama kali diperkenalkan di F12tdf dan kemudian juga diadopsi pada 812 Superfast dipertahankan, seperti juga hanya Electric Power Steering (EPS).

Mesin dan Gearbox

Mesin yang digunakan Monza SP1 dan SP2 berasal langsung dari 812 Superfast, dengan dinamika fluida yang dioptimalkan di saluran udara masuk untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi. V12, yang diakui sebagai mesin terbaik kategori di atas 4 liter dan Mesin Baru Terbaik pada 2018 International Engine of the Year Awards, membawa sejumlah solusi inovatif.

Di antaranya adalah sistem injeksi langsung 350 bar untuk pertama kalinya pada mesin bensin berkinerja tinggi yang dipasangkan dengan saluran asupan geometri variabel yang secara konseptual berasal dari mesin F1 aspirasi alami.

 Sistem injeksi tekanan tinggi menghasilkan peningkatan pengkabutan bahan bakar yang diinjeksi secara drastis mengurangi jumlah partikulat yang dipancarkan selama tahap pemanasan katalisator, memastikannya sesuai dengan ketentuan emisi.

Perhatian khusus juga diberikan untuk mengkalibrasi strategi kinerja untuk meningkatkan potensi mesin dan sensasi daya ekstrim yang dikirimkan oleh mobil sambil memastikan pengemudi dapat dengan mudah menggunakan torsi besar yang tersedia, berkat penyaluran daya yang halus dan  progresif pada semua tingkat kecepatan mesin.

Strategi pengalihan gigi transmisi kopling ganda juga meningkatkan daya sport mobil. Dalam posisi Manettino yang lebih sporty, waktu peralihan gigi naik dan turun diwariskan dari 812 Superfast yang memiliki waktu peralihan yang lebih cepat dan lebih nyata untuk pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Berkat konfigurasi terbuka tanpa kompromi, suara V12 bahkan lebih menggema. Suara udara masuk lebih nyata, sangat menarik dan benar-benar khas. Pengemudi merasa benar-benar tenggelam dalam pengalaman tak tertandingi yang hanya dapat diberikan oleh mobil yang dipenuhi dengan DNA Ferrari.

Terbalut Pelek 21″yang lebih besar membutuhkan ban yang lebih besar – 275/30 di depan dan 315/30 di bagian belakang – dan pengaturan suspensi sedikit lebih kaku untuk meningkatkan kegesitan dan waktu respon terhadap perintah.

Alhasil  bahwa model ini benar-benar seimbang tanpa pergerakan untuk apa pun, penanganan mobil sport tanpa kompromi.

Karena tidak ada pilar kaca depan, pandangan pengemudi benar-benar tanpa hambatan dan ini memungkinkan mereka untuk melahap belokan dengan pengalaman kebebasan yang hanya didapat dengan mobil Formula 1.

Dengan demikian, pengemudi dapat menikmati dan memberikan respon mobil sport melalui rute berkelok-kelok: mobil selalu memuaskan tetapi tidak pernah sulit untuk dikendalikan.

oleh : AG07

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *