Perjalanan Panjang Sedan Camry Di Indonesia (Bagian 1)

 

autoglobemagz.com– Toyota Camry pertama kali lahir dan mulai produksi di Jepang pada tahun 1982, Asal nama Camry sendiri awalnya mendompleng nama besar sedan pendahulunya yakni Celica, saat dipasarkan sedan elegan ini di sebut Sedan Celica Camry walau sebenarnya berbasis pada Toyota Carina.

Demi menghindari kontroversi atau kesalah pahaman dalam penyebutan nama, akhirnya Toyota menjadikan Celica Camry sebagai generasi pertama dari embrio Camry itu sendiri sayangnya Toyota Celica Camry pun hanya berumur dua tahun.

Pada tahun 1982 tepat di bulan maret Camry generasi ini mulai dipasarkan di negerinya sendiri, begitu juga di Amerika, masyarakat dan konsumen Amerika menyambut baik kehadiran sedan Asia  yang memiliki ciri badan ramping, nyaman tapi memiliki kapasitas mesin 2.000cc.

Hadir di Indonesia

Kehadiran Sedan Camry di Indonesia sebenarnya meneruskan tongkat estafet dari beberapa generasi sedan Corona hingga pensiun penjualannya di tahun 1998. Saat itulah momentum Sedan Mewah mulai diperkenalkan ke publik Indonesia walau masih masa transisi setelah era reformasi 1998.

Pada masa transisi tahun 1998-1999 di segala bidang tidak mudah bagi Toyota untuk menjual sedan mewah di Indonesia, namun percaya diri dan semangat kaizen Toyota lah yang meyakini bahwa ekonomi Indonesia akan berangsur pulih dan bangkit di sektor ekonomi dan Industri, saat itulah Toyota memboyong dua variannya yakni GLX dan Grande 2.200cc dan 3.300 cc V6.

Di awal era milenium tahun 2000 barulah Camry secara resmi mulai dipasarkan, Camry  dua generasi ke-4 ini baik GLX ataupun Grande telah menggunakan platform material alumunium untuk mereduksi bobot dan dirancang agar minim vibrasi dan gangguan terutama mesin yang berkapasitas besar seperti Grande.

Camry generasi ke-4 ini masih diproduksi di Thailand, namun di akhir tahun 1999 sampai 2004 Sedan Camry pindah ke Indonesia namun tidak berlansung lama hingga kembali lagi ke Thailand.

(Tunggu kisah perjalanan Camry selanjutnya di part 2)

baca juga :http://autoglobemagz.com/2019/01/gebrakan-toyota-di-awal-tahun-2019-all-new-camry-di-luncurkan/

oleh : agung satriyo,foto : ist

 

 

 

 

 

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *