Tips Merawat Motor Selama Ramadhan

autoglobemagz.com- Di bulan Ramadhan ini aktifitas dan mobilitas haruslah tetap sama temasuk merawat kendaraan yang menjadi teman seharian dalam perjalanan.

Yamaha merilis beberapa tips untuk para riders ,yuk intip tips tips dibawah ini :

  1. Pertama kekentalan (viscositas) berkurang.

Pelumasan terus menerus dimana logam bergesekan satu sama lain menyebabkan viskositas oli lambat laun hilang, sehingga menurunkan viskositas oli. 

  1. Kedua warna oli.

Oli akan berubah menjadi hitam pekat secara terus menerus saat oli mesin dipaksa bekerja di temperatur tinggi, zat aditif hilang karena teroksidasi dan oli terkontaminasi kotoran mesin sehingga mengubah warna oli. 

  1. volume oli berkurang.

Jika posisinya kurang dari indikator low ketika kita cek melalui Dipstick ataupun kaca ukur. Secara bertahap oli mesin masuk ke dalam ruang bakar melalui celah antara silinder dan ring piston, dan melalui celah antara katup dan guide katup, dan terbakar bersama dengan campuran udara dan bahan bakar. Dengan demikian jumlah oli mesin berkurang secara bertahap. 

Jika tanda-tanda diatas terjadi harus segera kita melakukan penggantian oli mesin. Kemudian apa saja dampak besar jika jarang ganti oli mesin? beberapa akibatnya sebagai berikut : 

  • Komponen mesin akan cepat mengalami keausan dan rusak.
  • Mesin akan cepat panas dan kehilangan tenaga.
  • Kondisi dalam mesin akan terjadi penumpukan jelaga dan karbon yang melekat pada mesin.

Penggantian ditentukan secara periodik, ketika waktu yang ditentukan dalam buku panduan pemilik dan buku manual service tercapai maka oli mesin harus diganti. Pada umumnya penggantian oli mesin setiap 3.000 kilometer atau tiga bulan (mana yang tercapai dahulu).

Gunakan selalu Yamalube oil yang sangat cocok untuk sepeda motor Yamaha Anda. Segera datang langsung ke Yamaha Service Shop (YSS)/ Bengkel Resmi Yamaha. Supaya umur mesin lebih Panjang, penggunaan motor lebih aman dan nyaman.

Oleh : AG07

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *