6 Tips Menikmati Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

autoglobemagz.com- Sepeda motor menjadi pilihan berkendara mayoritas masyarakat Indonesia karena dinilai praktis dan efisien. Selain praktis digunakan untuk jarak dekat, masyarakat seringkali menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh.

Dalam upaya mendukung keselamatan masyarakat Indonesia saat berkendara, maka PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) sebagai salah satu produsen motor terbesar di Indonesia akan berbagi beberapa tips menikmati perjalanan dengan sepeda motor.

”Dalam kondisi saat ini, menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sudah menjadi hal umum untuk dilakukan.

Namun dalam berkendara, tetap penting bagi kita untuk dapat selalu menjaga keselamatan. Mulai dari memastikan kondisi fisik pengendara, memantau gaya berkendara dengan ECO riding, serta menjaga kondisi sepeda motor tetap prima dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara.

Kami harap seluruh masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya pemahaman cara berkendara yang tepat serta dapat mengaplikasikannya untuk mendukung keselamatan berkendara,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Kondisi jalan saat ini semakin aktif dan ramai dipenuhi beragam kendaraan, mulai dari kendaraan kecil seperti sepeda motor, angkutan umum, mobil, hingga kendaraan muatan besar seperti truk, bus, dan sejenisnya. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kemacetan hingga rawan kecelakaan.

Oleh karena itu, para pengendara khususnya pengendara sepeda motor harus tetap mawas diri, dengan memastikan kondisi fisik dan motor tetap prima agar perjalanan dapat dilakukan dengan nyaman dan selamat sampai tujuan. Mendukung konsumen untuk menikmati perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor, berikut enam hal penting yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  1. Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima

Lakukan pemeriksaan kondisi motor sebelum berkendara, seperti pengecekan oli, lampu dan kelistrikan, serta kondisi ban. Pastikan sistem penerangan berfungsi dengan baik untuk berkendara di malam hari.

Bagi pengendara motor Yamaha, dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha untuk mendapatkan informasi dealer terdekat, informasi dan notifikasi pengingat servis,informasi fasilitas Servis Kunjung Yamaha (SKY), hingga informasi perihal produk, acara, dan promosi.

  1. Pastikan membawa surat-surat berkendara

Mendukung kenyamanan pengendara, pastikan selalu membawa dan memeriksa masa berlaku surat berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Menggunakan perlengkapan berkendara lengkap Selalu gunakan helm, jaket, sarung tangan, sepatu, masker, dan pakaian yang nyaman saat berkendara. Hindari menggunakan celana pendek dan sendal. Saat musim hujan, disarankan membawa jas hujan dengan model atasan dan celana.

  1. Membawa barang secukupnya.

Pengendara dapat membawa barang sesuai dengan kapasitas sepeda motor yang disarankan. Pengendara dapat memanfaatkan bagasi sepeda motor yang luas seperti pada Yamaha FreeGo atau menggunakan Top Case Yamaha untuk membantu membawa muatan lebih banyak.

  1. Patuhi perarturan lalu lintas.

Keselamatan dimulai dari diri sendiri, maka diharapkan setiap pengendara disiplin mengikuti perarturan dan rambu lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Pahami rute perjalanan

Pengendara wajib merencakan rute perjalanan dan mencari informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilewati sebelum mulai berkendara agar perjalanan lebih tenang dan tidak mengganggu pengendara lainnya. Jika pertama kali mengunjungi wilayah baru, jaga kecepatan berkendara.

  1. Menjaga kondisi fisik tetap prima sebelum dan saat berkendara.

Pastikan pengendara beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan menghindari alcohol sebelum melakukan perjalanan. Jika merasa lelah waktu perjalanan, disarankan berhenti untuk beristirahat setidaknya setiap 2 jam sebelum melanjutkan perjalanan.

Mendukung kenyamanan pengendara sepeda motor untuk menikmati perjalanan jarak jauh, selama periode libur Lebaran 2022, Yamaha juga menyediakan beberapa titik Bengkel Jaga sebagai solusi tepat kendaraan yang siap membantu dan mendukung pengendara sampai tempat tujuan. Selain itu, pengendara sepeda motor Yamaha juga dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha untuk membantu mencari bengkel resmi terpercaya terdekat dari lokasi pengendara, sehingga dapat membantu konsumen jika tiba-tiba ada kendala pada motor saat perjalanan jarak jauh.

oleh : AG07

admin

autoGlobemagz.com adalah situs berita komunitas otomotif untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *